Tuesday, November 29, 2011

Elang..

Suatu hari, kutemukan seekor burung elang...
Ia begitu indah..
Sayapnya yang berwarna kecokelatan, paruhnya yang kuat..
Mata tajam yang selalu memandang mangsanya dengan sigap..
dan cakarnya yang siap menerkam..
Tapi elang yang kokoh itu, terkurung dalam sebuah sangkar emas..
Pemiliknya adalah seorang gadis cantik..
berparas elok bak dewi...
dan sangat menyayangi elang itu..
Aku pun bertanya, "Mengapa engkau mengurung elang itu di sangkar emas ini?kenapa tidak kau biarkan ia terbang sesuka hati?mengembangkan sayapnya yang indah..?"
Ia menjawab, "Aku tidak mau ia terluka lagi...kau lihat bekas luka di dadanya ini?dahulu ia hampir mati...dipanah oleh pemburu yang keji..."

Aku pun mengerti...luka yang tertoreh di dada elang itu...dan pemiliknya, terlalu dalam untuk pulih..
Hari berganti hari...aku semakin menyukai elang itu..
kami menghabiskan banyak waktu bersama...
kukeluarkan ia dari sangkarnya ketika pemiliknya tidak ada..
elang itu terlihat begitu gembira..
ia terbang kesana kemari..
hinggap di pundakku, dan mematuk dengan lembut...seolah berkata "terima kasih"
aku menyayangi burung itu..
tapi apa daya, ia sudah dimiliki sang gadis cantik
Mungkinkah ia kucuri saja??
dengan berani kukeluarkan lagi ia dari sangkar...ku bawa ia pergi jauh..
Sang elang dengan gembira pergi bersamaku..
hingga akhirnya, kami bertemu lagi dengan pemburu jahat yang terdahulu..
ia melepaskan lagi panah ke dada sang Elang...
kini Elang itu kembali terluka...
luka itu lebih dalam..
tidak ada yang bisa kulakukan...
aku tidak bisa menolongnya..
Inikah hukuman atas kelancanganku mencuri sesuatu yang bukan milikku??
Aku takut...
takut kehilangan Elang kesayanganku...
kini matanya yang tajam menjadi meredup...
sayapnya melemah...
tiba-tiba datanglah sang pemilik..
dipeluknya Elang yang malang itu...
dicacinya diriku...
Aku pantas dicaci...
aku terlalu sombong..
Kupikir aku bisa memberi kebahagiaan yang lebih daripada sang pemilik asli..
Pada akhirnya, Elang itu kembali ke sisi sang gadis..
kembali ke sangkar emasnya yang indah..
Yang aku tau, meskipun terkurung...ia aman, dan mendapat cinta sepenuhnya..
Selamat tinggal elang-ku yang gagah..
Engkau aman di sangkar emasmu..
Ada orang yang sangat menyayangimu disana..
janganlah kau pergi terlalu jauh darinya..
agar luka lama mu tidak terbuka kembali...

No comments:

Post a Comment